Biaya Ekuitas (Cost of Equity) dan Cara Perhitungannya

Biaya ekuitas merupakan tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor ketika mereka menginvestasikan uangnya ke dalam perusahan. Hal ini juga berarti bahwa biaya ekuitas atau cost of equity merupakan biaya kesempatan (opportunity cost) bagi investor.

Elemen Cost of Equity Biaya Modal

Cara perhitungan dan besar biaya ekuitas (cost of equity) ini bergantung dari jenis ekuitas yang menjadi sumber dana perusahaan yang secara umum dibagi menjadi 3 jenis:

  1. Biaya ekuitas dari saham preferen (preferred stock)
  2. Biaya ekuitas dari saham biasa (common stock)
  3. Biaya ekuitas dari laba ditahan = Biaya ekuitas dari saham biasa

Dari konsep tersebut, total biaya ekuitas dari suatu perusahaan adalah penjumlahan dari biaya saham preferen dengan biaya saham biasa sesuai dengan proporsinya masing – masing.

Pada dasarnya, yang kita hitung adalah rasio antara apa yang harus dikeluarkan perusahaan dengan dana bersih yang didapatkan perusahaan dari penerbitan saham. Lebih jauhnya lagi, perhitungan biaya ekuitas untuk setiap jenis adalah sebagai berikut:

Biaya Ekuitas untuk Laba Ditahan (Retained Earnings)

Dividen yang dibayarkan pada investor berasal dari laba ditahan. Berarti, pembayaran dividen kepada investor mengurangi jumlah laba ditahan sesuai dengan nilai dividen yang dibayarkan tersebut. Secara tidak langsung, peningkatan nilai laba ditahan akan sama saja dengan keputusan perusahaan untuk meningkatkan jumlah dividen yang seharusnya dibayarkan.

Oleh karena itu, biaya ekuitas yang berasal dari laba ditahan nilainya sama dengan biaya ekuitas yang berasal dari saham biasa (common stock).

Perlu diingat, hal ini akan berbeda jika perusahaan memutuskan untuk menerbitkan saham umum/common stock yang baru. Karena dalam penerbitan saham baru, terdapat biaya penerbitan seperti underwriting (flotation cost) dan risiko harga saham yang undervalue, sedangkan sumber dana yang berasal dari laba ditahan tidak akan terkena pengurangan seperti itu.

Biaya Ekuitas untuk Saham Preferen (Preferred Stock)

Saham preferen merepresentasikan kepemilikan saham khusus dalam suatu perusahaan. Pada umumnya, pemegang saham preferen ini memiliki hak untuk menerima dividen sebelum perusahaan memberikan sisa pendapatannya pada pemegang saham biasa. Dalam konteks perhitungan biaya ekuitas, nilai biaya yang timbul akibat keberadaan saham preferen adalah nilai devidennya.
Perhitungan biaya ekuitas untuk saham preferen adalah sebagai berikut:

Rumus Biaya Ekuitas Saham Preferen

rp = Dp ÷ (Pp – f)

dimana
rp = Biaya ekuitas saham biasa
Dp = Dividen yang dibayarkan tiap tahun
P0 = Harga Saham preferen saat ini (dalam Rp.)
f = flotation cost; biaya yang timbul akibat penerbitan saham baru; hanya digunakan kalau perusahaan menerbitkan saham baru.Jika perusahaan tidak menerbitkan saham baru, maka flotation cost nya adalah nol.

Contoh Perhitungan untuk biaya ekuitas saham preferen:

PT ABC berencana untuk menerbitkan saham preferen baru dengan nilai dividen 10% dari face value, yakni $50 per lembar. Biaya yang perlu dikeluarkan oleh PT ABC agar saham tersebut terjual adalah sebesar $2 per lembar.

Berapakah nilai biaya ekuitas dari saham preferen ini?
Dp = 10% * $50 = $5
Pp = $50
f = $2

Biaya ekuitas saham preferen = rp = $5 ÷ ($50 – $2) = 10.417%

Biaya Ekuitas untuk Saham Biasa (Common Stock)

Perhitungan biaya ekuitas untuk saham biasa dapat dilakukan paling sedikit dengan dua cara:

  1. Berdasarkan dividen yang dibayarkan
  2. Menggunakan CAPM (Capital Asset Pricing Model) atau model-model turunannya.

Dalam pembahasan kali ini metode yang digunakan hanyalah perhitungan berdasarkan dividen, meskipun pada prakteknya, seringkali kita akan kesulitan untuk mencari data dividen suatu perusahaan, karena faktanya tidak semua perusahaan membagikan dividen. Untuk kasus realnya,  perhitungan cost of equity ini seringkali dihitung dengan menggunakan CAPM yang dibahas di pada halaman ini.

Konsep perhitungan biaya ekuitas untuk saham biasa ini didasarkan pada pemikiran bahwa: “Harga saham yang diperdagangkan saat ini mencerminkan nilai present value dari seluruh dividen yang dibayarkan di masa depan.

Oleh karena itu, biaya ekuitas untuk saham biasa (common stock) dapat dihitung sebagai berikut

Rumus Biaya Ekuitas Saham Biasa

rs = D1÷ (P0 – f) + g

rs = Biaya ekuitas saham biasa
D1 = Dividen yang akan dibayarkan pada akhir tahun (dalam Rp.)
P0 = Harga Saham Saat ini (dalam Rp.)
f = flotation cost; biaya yang timbul akibat penerbitan saham baru(misalnya biaya underwritings dan saham undervalue) hanya digunakan kalau perusahaan menerbitkan saham baru.Jika perusahaan tidak menerbitkan saham baru, maka flotation cost nya adalah nol.
g = pertumbuhan dividen (dalam %)

Contoh Perhitungan biaya ekuitas untuk saham biasa (common stock):

Saat ini harga saham PT ABC di bursa efek adalah $50 untuk tiap lembarnya. Pihak keuangan perusahaan memberikan data historis mengenai dividen yang pernah dibagikan mulai tahun 2012 hingga 2017 sebagai berikut:

Tahun

Dividen
2012 $2.97
2013 $3.12
2014 $3.33
2015 $3.47
2016 $3.62
2017 $3.80

Pada akhir tahun depan (tahun 2018), PT ABC akan membayar dividen sebesar $4. Berapakah biaya ekuitas yang berasal dari saham ini?

Jawab:

rs = D1÷ (P0 – f) + g

D1 = $4

P0 = $50

g = ?? tingkat pertumbuhan dividen; harus kita cari dulu dari data historis dari soal.

Untuk nilai pertumbuhan kita hitung dengan menggunakan CAGR. Ingat-ingat yang namanya return asset kita mesti hitungnya jangan pakai rata-rata arithmetic, jadi kita hitung pake rumus =RATE di excel atau kita bisa lihat table compound interest, dimana nilai:

  • Nilai present value nya adalah $2.97
  • Nilai future value nya adalah $4
  • Periodenya 6.
  • Hasilnya adalah growth rate di angka 5%-an
Periode Tahun Dividen
0 2012 $2.97
1 2013 $3.12
2 2014 $3.33
3 2015 $3.47
4 2016 $3.62
5 2017 $3.80
6 2018* $4.00
Rata-rata pertumbuhan 5.0874%

Jadi biaya ekuitas untuk saham biasa ini adalah

rs = D1÷ (P0 – f) + g = $4 ÷ ($50 – 0)+5.0874% = 13.0874%

Dari kedua soal diatas:

Jika struktur modal PT ABC seluruhnya adalah equity/ekuitas, dimana proporsi saham preferennya adalah 70% dan proporsi saham biasanya adalah 30%, maka berapakah total biaya equity PT ABC seluruhnya?

Total biaya ekuitas (cost of equity) PT ABC adalah

(70% *biaya saham preferen) + (30% *biaya saham biasa)

(70% *10.417%) + (30% *13.0874%) = 11.218%

 

Ringkasan

Untuk mempermudah, saya buatkan gambar mengenai alur perhitungan biaya ekuitas/cost of equity secara umum sebagai berikut:

Alur penentuan biaya ekuitas cost of equity

Komentar